Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tempat Wisata di Kepulauan Togean Yang Sangat Rekomendasi

Berbicara Tempat Wisata di Kepulauan Togean, mungkin kamu Selama ini hanya menyaksikan lewat media televisi ataupun internet. Pulau di bawah "kepala" Sulawesi ini merupakan destinasi sempurna untuk Sobat Pesona yang menginginkan alam bawah air indah dengan suasana masih alami. Kepulauan Togean itu merupakan salah satu bagian dari segitiga koral dunia yang terbentang sepanjang Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timur Leste. Di sana tersimpan kekayaan alam laut yang luar biasa.

Tempat Wisata di Kepulauan Togean

Kepulauan Togean merupakan surga bagi penyelam dengan lebih dari 300 spot penyelaman. Salah satu ciri khas yang manjadi daya tarik Togean adalah perairannya yang tenang, hangat, dan sangat jernih. kamu penggemar pemandangan laut dan pantai, apalagi pulau eksotis, Kepulauan Togean ini yang pas jadi destinasi wisata kamu! Kepulauan yang terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah ini sudah diresmikan menjadi Taman Nasional Kepulauan Togean sejak tahun 2004. Di Kepulauan Togean, ada enam pulau besar dan puluhan pulau kecil di sekelilingnya yang terkenal dengan keindahan masing-masing. Jadi, kamu bisa dapat banyak pemandangan dalam satu trip “Yang sekarang ini kecantikan terumbu karang dan ikan-ikan hiasnya sudah membuat kita terhipnotis, tapi ini belum seberapa. Masih ada beberapa spot lagi yang terumbu karang serta ikan hiasnya yang jauh lebih banyak

Berikut ini 9 Tempat Wisata di kepulauan togean yang sangat Rekomendasi :

1. Pesona Pulau Kadidiri 

Kamu pasti mau lihat alam yang memesona dengan keunikanNya, kan? Nah, Pulau Kadidiri wajib untuk kamu datangi. Hanya dengan satu jam perjalanan dengan menyewa speedboat atau perahu dari Wakai, anda sudah bisa menyaksikan pemandangan bawah laut yang mempesona. Pulau Kadidiri sangat kaya akan hewan dan tumbuhan laut. Untuk sekadar cuci mata, kamu cukup berjalan sepanjang lima meter dari tepi pantai untuk menikmati keindahan bawah laut dari permukaan air. Karena pulau ini masih terjaga kebersihannya, kamu bisa menikmati terumbu karang di sini dengan mata telanjang.

Baca Juga : Tips Merencakan Berliburan ke Kepulauan Togean

Kamu bisa menyewa Alat Renang, agar bisa menikmati air yang jernih dan melihat terumbu karang yang lebih banyak. Menikmati Pulau Kadidiri tidak harus basah-basahan. Karena banyak spot di pantai juga bungalo yang cocok banget dijadikan tempat bersantai menikmati pemandangan dan semilir angin. Kalian bisa Lanjutkan aktivitas snorkeling di Pulau Kadidiri. Lihat saja terumbu karangnya yang masih alami dan warna air laut yang sangat jernih, rugi berat kalau kamu cuma bengong di pantai. Pulau Kadidiri juga mulai diramaikan oleh  resort dan bungalow yang menawarkan berbagai fasilitas hiburan untuk tamu. Dengan pasir putih dan ombak yang cukup tenang, berjemur di pinggir pantai atau mendayung kayak dapat menjadi alternatif kegiatan untuk kamu yang ingin bersantai.

2. Snorkling / Diving Di Batu Tombal

Batu Tombal, Yah itulah nama spot yang menjadi favorit para turis mancanegara. Batu tombal yang Artinya batu yang muncul di dipermukaan laut. Letaknya berada di depan desa Lebiti dan desa Pulau Enam. Di spot itu juga terdapat Puing Pesawat B-24 yang memiliki rentang sayap 17 meter dan panjang bodi 22 meter, pesawat ini merupakan bekas Perang Dunia II. Puing-puing pesawat ini adalah rumah bagi bagi ratusan jenis ikan karang karana body dari pesawat itu telah ditumbuhi terumbu karang berusia puluhan tahun. Pasti akan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi kamu untuk menjelajahi bangkai pesawat bersejarah ini. Buat mencapai ke spot ini anda bisa menyewa  speed boat untuk mengantarkanmu ke spot tersebut.

3. Mendaki Gunung Colo Di Pulau Una-una

Ini nih tidak boleh terlewatkan yaa, yaitu trekking di Pulau Una-una. Di sini ada Gunung Colo, yaitu gunung berapi setinggi 2,509 meter yang masih aktif dipuncaknya terdapat kawah. Semakin mendekati puncak, kamu akan menemukan sungai yang mengalir di antara tebing dan pepohonan yang rindang. Hati-hati, air tersebut sangat panas karena mengandung lava yang berasal dari Gunung Colo! Nah ini menyebabkan pasir bagian pantai di Pulau Una-una ini warnanya kombinasi putih dan hitam. Waktu tempuh pendakian ke puncak Gunung Colo hanya sekitar dua jam, tapi ada baiknya meminta guide lokal untuk mendampingi. Di samping memudahkan perjalananmu, kamu juga bisa mengulik kisah-kisah tentang Kepulauan Togean dan sekitarnya.Kalau waktu kamu cukup lowong, jangan lupa main di Pulau Una-una hingga malam ya. Sunset di sini keliatan dramatis. Dari sunset platform di resort, kamu bisa Nyantai di hammock sambil menikmati sunset yang instagramable. Dijamin kamu pasti bakal makin terpesona sama Pulau Una-una.

4. Berenang Bersama Ubur-Ubur di Danau Mariona

Ratusan ubur-ubur tak menyengat (stingless jellyfish) menjadikan Kepulauan Togean sebagai rumah. ‘Danau ubur-ubur’ ini terletak di Pulau Karina di Danau Mariona, dan sebaiknya kamu datang ke sini pada pagi hari atau menjelang sore. Ya, ubur-ubur sangat sensitif terhadap sinar matahari sehingga kamu hanya akan menemukan beberapa ubur-ubur yang bermunculan ke permukaan pada siang hari. Akibat proses alam, Danau Mariona yang dulunya tersambung dengan laut menjadi terpisah dan membentuk satu danau. Ubur-ubur yang hidup di danau air payau ini jadi terisolasi dan setelah sekian lama berkembang biak di Danau Mariona, mereka kehilangan kemampuan untuk menyengat. Eiitss !! kalau kamu mau berenang dengan ubur-ubur. Pertama, jangan pake sunblock/ sun cream/ lotion, karena bakal luntur dan mencemari air. Kedua, Kalau turun Jangan lompat salto, lalu berenanglah dengan tenang juga. Yang paling penting, jangan agresif pegang-pegang atau bahkan sampai angkat ubur-uburnya keluar air, Biarkan mereka tetap lestari dan abadi di Danau Mariona. Di tepi danau juga disediakan floating gazebo tempat kamu bisa duduk-duduk dan menikmati pemandangan Danau Mariona. Nggak harus berenang jauh ke tengah, cukup lima meter di pinggir danau kita sudah bisa mendekati ubur-ubur yang warnanya coklat muda. Untuk menuju Spot danau ubur-ubur atau jelly fish lake, Butuh waktu tempuh kurang lebih dua jam dari reef 1 ke danau ubur-ubur. Pemandu lokal biasanya akan mengajak penyelam menjelajahi sejumlah spot favorit seperti Bomba, atol, Reef Poyalisa, Malenge, California, dan sebagainya. Spot yang biasa dibilang wajib bagi penyelam di Togean, salah satunya adalah Appolo di Pulau Una-Una.

5. Snorkling Di Pulau Taipi

Ingin mencari spot snorkeling/diving yang sepi hingga serasa memiliki lautan untukmu sendiri? Menyeberanglah dari Pulau Kadidiri ke Pulau Taipi yang hanya berjarak 4 km. Waktu terbaik untuk menjelajah bawah lautan Pulau Taipi adalah siang hari, karena pulau ini tergolong sepi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Terumbu karang di Pulau Taipi masih sangat alami dan pasti sangat sayang untuk dilewatkan.

6. Berendam di Air Terjun Tanimpo

Kalau kamu menuju Togean dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, kamu akan diantar oleh kapal feri ke pulau utama yaitu Pulau Wakai. Selain mengeksplorasi Desa Wakai dengan menyewa motor, kamu bisa bermain air di air terjun Tanimpo. Tak perlu khawatir tersesat, penduduk Desa Wakai sangatlah ramah

7. Berjalan-jalan di Pulau Malenge dan Pulau Papan

Mengakhiri petualanganmu di Togean, sempatkan mengunjungi jembatan yang menghubungkan Pulau Malenge dan Pulau Papan. Jembatan sepanjang 1800 meter ini sangat cocok buat kamu Foto foto, pasti sukses membuat teman-temanmu iri!

8. Bersantai Dipulau Pangempa

Nah Satu Lagi Nih Tempat yang lumayan eksotis untuk di kunjunngi, yaitu Pulau Pangempa, Sebuah Pulau kecil yang hanya sekitar 60 meter dari desa Katupat. Pantainya yg dikelilingi Pasir Putih. Juka anda bersantai disini maka serasa memiliki pulau pribadi. Pulau ini sudah dilengkapi dengan kotex kotex penginapan. Tempat ini cocok juka anda ingin mengenal dan berbaur dengan masyarakat setempat

9. Bersantai di Pantai Honeymoon Beach

Nah Pantai Yang Satu ini merupakan Pantai Spesial. Selain PantaiNya Indah Pantai ini Terletak di Palau Angkaiyo dimana Lebih identik dengan Pulau Bulan Madu. Ini nama ini sebenarnya diberikan oleh wisatawan asing yang melihat pantai dengan pasir putih tersembunyi masuk menjorok ke daratan meyerupai danau sehingga moment ini yang dijadikan oleh wisatawan asing tak berm**al untuk Berbulan Madu Di pantai. 

Akses Nah itulah 9 Daftar Tempat Wisata Yang Rekomend dikepulauan Togean, untuk menuju ke Kepulaun Togean, sesampai di Kota Ampana Kabupaten Tojo Una-Una, ada kapal speed boat yang bisa mengantar ke Pulau Wakai. Pulau Wakai merupakan tempat transit. Sesampai di Wakai, mintalah petunjuk dari warga, bagaimana caranya bisa menjelajahi destinasi wisata di Kepulauan Togean. Namun, bagi yang tidak mau repot, disarankan menyewa pemandu wisata untuk mengantarkan wisatawan berkunjung ke sejumlah spot di Kepulauan Togean. Namun Jika Anda masuk Ke Kepulauan Togean Lewat Gorontalo anda hanya membutuhkan waktu satu malam menyebrangi lautan menggunkan Kapal Feri, dan berlabuh diwakai. 

Bagaimana Sudah Merencanakan Untuk Berkunjung Ke Pulau Togean ? Untuk Saat ini Harus Bersabar Dulu Yaa..!!! Karena Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) hingga kini (30/07/2020) masih menutup akses wisata bahari di Kepulauan Togean untuk wisatawan pendatang termasuk wisatawan mancanegara. Namun untuk masyarakat lokal dikepulauan togean masih bisa berkunjung, namun harus mengedepankan protokoler kesehatan, meskipun Kabupaten Tojo Una-una masih dalam status aman atau belum ada warga terpapar virus corona. Tapi memang animo masyarakat berwisata di masa pandemi saat ini masih sangat kurang. Itu artinya masyarakat mulai memahami dan sadar akan pentingnya menahan diri untuk mengunjungi keramaian dalam hal ini tempat wisata.